Rabu, 11 Februari 2009

kerusakan motherboard

Sudah beberapa kali saya kedatangan teman (pelanggan ;) ) yang komputernya mati, tidak mau menyala sama sekali atau kadang hanya sampai tampilan awal kemudian berhenti / hang. Untuk mengetahui dan memecahkan masalah komputer tersebut, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

Komputer yang mati/ hang sebelum masuk ke sistem operasi bisa penyebabnya bisa bermacam-macam. Berikut Tips yang sudah pernah saya praktekkan dan hampir selalu berhasil. Pilih yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, atau lakukan secara bertahap.

  • Cek Kabel, mulai dari Kabel yang masuk ke UPS/Stabilizer, kabel Power ke Monitor, kabel Monitor ke CPU dan kabel yang masuk ke Komputer. Pastikan pemasangannya telah sesuai dan kencang, serta arus listriknya ada dan cukup.

  • Jika terdapat CD-ROM / DVD-ROM dan bisa dibuka/tutup, maka kemungkinan permasalahan ada di komputer (CPU), mulai dari kabel power yang masuk ke motherboard atau motherboard itu sendiri, cek pemasangan kabelnya.

  • Jika dua langkah diatas sudah dicek, dan masih belum menyala, matikan komputer dan Reset BIOS di Motherboard. Caranya bisa dilihat di buku panduan motherboard, dan cari menu Reset BIOS. Biasanya untuk mereset BIOS dapat dilakukan pada Jumper 1 (JP1). Disana ada 3 pin, yang 2 diantaranya dihubungkan dengan sebuah konektor kecil. Untuk mereset, tinggal melepas dan memasang di 2 pin yang satunya. Misalnya 3 pin tersebut 1,2,3 dan pin 1 dan 2 sudah terhubung, maka untuk mereset tinggal melepas dan memasang di pin 2 dan 3. Biarkan sekitar 30 detik atau lebih kemudian kembalikan seperti semula. Nyalakan komputer.
    Baterai CMOS dan Reset Switch

  • Jika BIOS telah di reset dan masih tidak menyala, coba lepas Baterai CMOS, yang ada di motherboard. Diamkan sekitar 1 menit, kemudian dipasang kembali dan nyalakan komputer. Jika baterai sudah cukup lama, lebih dari 3 tahun, ada baiknya diganti dengan yang baru. Apalagi jika jam di komputer sering tidak cocok.

  • Jika kipas Processor / VGA berputar, tetapi komputer masih belum menyala, maka kemungkinan ada yang tidak beres dengan BIOS motherboard atau Motherboard memang sudah rusak. Mungkin BIOS perlu di Update, tetapi sebelum update, komputer harus bisa menyala (masuk BIOS) terlebih dahulu. Untuk melakukan hal itu, coba lepas kabel Hardisk, CD-ROM, Floppy. Kemudian, lepas Memori komputer (RAM) dan ganti di slot yang lain atau gunakan memori komputer lain. Hal ini mungkin harus diulangi sampai beberapa kali, hingga ada tanda-tanda kehidupan…

  • Jika CPU sudah kelihatan bekerja, hardisk berputar dan lampu led CPU berkedip-kedip tetapi monitor tidak ada tampilannya, maka kumungkinan VGA ( Kartu Grafis) komputer yang bermasalah. Coba ganti dengan VGA lain atau cek VGA tersebut di komputer lain (Hal ini jika VGA tidak jadi satu dengan motherboard).

Jika dengan semua langkah diatas, komputer juga belum menyala, mungkin komputer perlu di service orang yang lebih ahli. Untuk mengetahui lebih detail permasalahan motherboard atau ingin menjadi teknisi, sebaiknya membeli sebuah alat khusus yang disebut PC Analyzer, yang memang dirancang untuk mengetahui kerusakan motherboard. Silahkan berbagi pengalaman anda mengenai komputer yang tiba-tiba mati dan tidak mau menyala.. semoga bermanfaat.

Informasi

CPU yang dimaksud diatas adalah Motherboard, Memori, CPU, Power Supply, Hardisk, Floppy dan komponen lainnya yang ada dalam Casing Komputer, selain monitor. Meskipun sebenarnya CPU adalah Central Processing Unit (Processor), misalnya Pentium4, AMD dsb. Hal ini untuk mempermudah saja.

Kategori Hardware, Tips & Tricks | 21,936 views | 180 Comments | 3 April 2008 Oleh Ebta Setiawan
Ingin selalu mendapatkan informasi artikel terbaru lewat email ? Daftarkan email di RSS feed


Baca juga artikel terkait berikut :

180 Responses to “Komputer tiba-tiba mati (Tidak mau menyala)? coba tips ini”

Pages: « 1 2 [3] Show All

  1. 141
    ebta Says:

    @innaazzahra
    wa’alaikumsalaam
    Iya memang, kadang didepan arusnya kurang kuat.. (untuk motherboard tertentu.. )

  2. 142
    Anonymous Says:

    oh,…iya bozz jadi,..lupak nichh klw Di kom W ,..ada bacaan RUN memory Time out ,..setiap abis di restart ada bacaan gitu,…itu Termasuk VIRUS aCtif apa memang Memory Penuh,..pas di liat pake CPu Z g mana tuh y mas ,..to mas tetp semangka ,..eh salak semangat :)):)):))

  3. 143
    bdy shant Says:

    komputer saya mati saat menginstal windows,
    setelah di tekan tombol power maupun tombol reset tidak mau hidup.
    power suplay sudah di coba di komputer lain, tidak bermasalah.
    kemungkinan apa yang terjadi pada komputer saya?

  4. 144
    ebta Says:

    @bdy shant
    Jika maksudnya mati total (tida bisa masuk ke BIOS), apakah sudah mencoba langkah diatas ( melepas baterai, me reset CMOS) ?

  5. 145
    rascalnatta Says:

    Assalamualaikum
    kk ebta…..mau tanya nih..kuk di lcdq gambar2 folderna ma tulisanya mbayang ya…dah wa cek driver VGA ampek wa instal ulang lagi juga gak ngaruh
    pa gara2 aq ganti vga 96gt monitornya gak kuat ngejar ya???dijamin monitornya gak rusak…dah wa tes

  6. 146
    haru Says:

    assalamualaikum pakde eb. sugeng enjang. ini mau tny. jd gini, kmrn komp sy dibuat ngegame. di tngh2 main, komp hang. lalu saya restart. hsilnya cpu nyala. led optical drive nyala sprti membaca sesuatu (pdhl kosong), led hdd nyala stlh led cd rom mati. trs bunyi suara tiit satu kali tp monitor dr awal tetap tdk mau nyala (monitor ad pesan no signal detected). na itu mslhx ada di mana y?

  7. 147
    ebta Says:

    @rascalnatta
    wa’alaikumsalaam
    Mungkin pengaturan setting VGA-nya..
    Apa ketika booting tulisan di layar itu juga tisak jelas ?

    @haru
    wa’alaikumsalaam
    sugeng ndalu mas.. ( mbalasnya malam.. hehe )
    Kemungkinan komponen motherboard ada yang bermasalahm san biasanya Memori (RAM), coba dibuka di lepas dan dipasang ulang dengan baik..

  8. 148
    rascalnatta Says:

    pas booting sih tulisanya gak bayang/dobel
    waktu buka bios nya ajah normal…gak dobel2
    seting vga dah bner i kang ebta
    tapi buat ngegame bayang nya tu gak kliatan…game nya pes 09 ma crysis ma gta4 juga lancar…bayanganya gak kliatan
    tapi kalo di folder ma tulisan web gni tulisanya double,tapi bayanganya gak gitu jelas…..

  9. 149
    haru Says:

    assalamualaikum pakde. mau nanya lagi. ini komp sdh mau hdp. tp keluar tab bunyix winlogon.exe eror memory can’t read . . bla3 gtu pakde. itu menandakan apa pakde? bahayakah? bgaimana cr mengatasi? o iya pakde, mslhku yang kmrn itu sebenarnya hanya RAM atau bs hardware lain? perlukah mengganti suatu komponen. wdh, kok byk bgt tanyanya. maaf pakde, hbs blm mudeng e. makasih jawaban2x. monggo, sugeng sore. wassalamualaikum.

  10. 150
    ebta Says:

    @rascalnatta
    Coba di install ulang saja driver VGA-nya

    @haru
    wa’alaikumsalaam
    Kemungkinan hanya RAM Saja, tapi bisa jadi yg lain. Agak susah kalau tidak ngecek langsung..

  11. 151
    rascalnatta Says:

    udah…..dah tak instal ulang bareng windows na kk
    tapi te2p ajah tulisannya ada bayanganya
    masa sih monitorna gak kuat ngejar vga na
    aq make monitor LG FLATRON L1753s,vga 96gt POV

  12. 152
    ebta Says:

    @rascalnatta
    harusnya monitor kuat, mungkin menu Brightview di tombol monitor ? atau bisa dikirim ke email saya screenshot tampilannya seperti apa ?

  13. 153
    Rascalnatta Says:

    Alamat mailna apah mas?

  14. 154
    Rascalnatta Says:

    Dah tak capture,siap dkrm…tapi mailna gak tau…..
    Tapi kalo tak zoom pas tak ubh jadi jpg,gak mbyang i…..tapi ntar liaten di gmbr anak panah…paling kliatan tu

  15. 155
    EwingAmoy Says:

    mas…kom saya tidak mau mati paadahal saya dah copot proccesor, battry CMOS,RAM, dan Motherboard dari casin nya….
    tp tetep ja dia ga mau dimatiin…klo ga mo mati tp dia booting sih ga masalah tp bios ja ga masuk…dan yg saya tau tuh klo lampu MB nyala arttinya MB ga rusak kecuali dia ga nala pasti dia rusak/ arus masuk ga lancar…gimana mas solusinya

  16. 156
    ebta Says:

    @Rascalnatta
    ebta.setiawan@gmail.com sebaiknya disimpan dalam format PNG jika bisa sehingga hasilnya bagus. kalau tidak tidak mengapa

    @EwingAmoy
    Mungkin perlu diperiksa pemasangan kabel power dan kabel-kabel kecil seeprti reset, power, hdd led dsb..

  17. 157
    ai Says:

    Thx atas konsulnya. Pc saya kmarin blink direeboot. Ternyata akibat salah pasang RAM. tapi sempet bau hangus, untungnya langsung q cabut tu kabel pwr cpu klo ga processor bisa kbakar. Trus baca konsul di atas ttg salah pasang RAM beres dah smua. Thx berat smua infona sangat bguna.
    Thx jg tk OS MS for all software. Ur rush our gold freeport, and we rush Ur com. tech. freeware. Lets take and give program for better life.
    SALAM…
    ai.

  18. 158
    rascalnatta Says:

    assalamualaikum
    wah tambah pusing nih mas…..Moboq malah gak mau nyala…arus listrikna gak mau ngalir ke Mobo,mati total kayak e moboq
    padahal baek2 ajah i kmaren2nya
    tapi masalah gambarnya…aq Kmaren coba Make Mobo Daganganq yang onboard….tak kasih resolusi 1280*1204 nggak mbayang i kang….trus tak pasangin vgaq…..tak kasih resolusi yang sama…masih te2p mbyang

  19. 159
    iqbal Says:

    assalamualaikum!
    mas,sya pernah mengalami hal ini. setelah dicek ternyata kipas processornya rusak,lalu saya ganti.tapi setelah diganti kok suhunya gak berubah.sblumnya suhu normalnya sekitar 40-50 drjt.tetapi skrg normalnya 70-85 drjt.kira2 apa ya penyebabnya?
    apa krn usia komputer saya yg dah 4 thnan(uzur) dah mulai sakit2an kali ya..

  20. 160
    ebta Says:

    @rascalnatta
    wa’alaikumsalaam
    sudah dicoba install driver versi yg lain ?

    @iqbal
    wa’alaikumsalaam
    mungkin transfer panas tidak efektif antara CPU/processor dan pendinginnya..

  21. 161
    Fahmy Says:

    Mas,komputer saya kalau startup lampu hddnya mati nyala terus sedangkan dilayarnya hang kenapa bisa begitu soalnya saya baru install avg 7.5 dan avg 8.0

  22. 162
    izhar Says:

    assalamualaikum wr. wb
    mas, kalo permasalahan pada komputer saya agak beda nih.. sering mati sendiri stelah hidup kira-kira 1 jam tapi stelah itu bisa saya nyalakan lagi dan beberapa menit mati lagi tidak beraturan.
    saya udah coba ganti psu tp masih sama.. dan saya blm ngerti soal setting jumper mobo jd ga berani utakatik dah. knapa ya mas, mohon pencerahannya ya smuaaa.. tengkyuuw somaT :)

  23. 163
    ebta Says:

    @Fahmy
    saya kurang tahu persis kenapa, karena informasinya masih sedikit..
    mungkin install saja satu, jangan dua-duanya..

Tidak ada komentar: